Sabtu, 16 Juli 2011

Spheroidizing

Merupakan process perlakuan panas untuk menghasilkan struktur carbida berbentuk bulat (spheroid) pada matriks ferrite. Pada proses Spheroidizing ini akan memperbaiki machinibility pada baja paduan kadar Carbon tinggi. Secara sederhana dapat dijelaskan sebagai berikut : bahwa baja hypereutectoid yang dianneal itu mempunyai struktur yang terdiri dari pearlite yang “terbungkus” oleh jaringan cemented. Adanya jaringan cemented (cemented network) ini meyebabkan baja (hypereutectoid) ini mempunyai machinibility rendah. Untuk memperbaikinya maka cemented network tersebut harus dihancurkan dengan proses spheroidizing.


Spheroidizing ini dilaksanakan dengan melakukan pemanasan sampai disekitar temperature kritis A1 bawah atau sedikit dibawahnya dan dibiarkan pada temperature tersebut dalam waktu yang lama (sekitar 24 jam) baru kemudian didinginkan. Karena berada pada temperature yang tinggi dalam waktu yang lama maka cemented yang tadinya berbentuk plat atau lempengan itu akan hancur menjadi bola-bola kecil (sphere) yang disebut dengan spheroidite yang tersebar dalam matriks ferrite. Digunakan untuk baja 0.5 – 1.5% C, dengan tujuan meningkatkan kemampuan pemesinan dan mencegah retak setelah perlakuan panas dan meningkatkan keuletan serta ketahanan aus setelah quenching

1 komentar:

  1. oi, tengkyu bro atas indo spherodizing nya, gw jg mesin ui..hehehe.. ya angkatan atas lw dikit.. tp penjelasan lw ngebantu gw.. keep posting bro..

    BalasHapus